Pengaruh penggunaan metode make a match terhadap pemahaman belajar Akidah Akhlak siswa kelas III MI Ma’arif NU 01 Kedungbanteng

Fauziyah, Himmatul (2022) Pengaruh penggunaan metode make a match terhadap pemahaman belajar Akidah Akhlak siswa kelas III MI Ma’arif NU 01 Kedungbanteng. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096013_Himmatu_Fauziyah] Text (Skripsi_1803096013_Himmatu_Fauziyah)
Skripsi_1803096013_Himmatu_Fauziyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap pemahaman belajar mata pelajaran akidah akhlak di kelas III MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI di Ma’arif NU 1 Kedungbanteng semester genap tahun ajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh thitung > ttabel (6,821>2,101) maka hipotesis yang diajukan (Ha) diterima atau terdapat perbedaan rata-rata signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan uji koefisien korelasi pearson product moment diperoleh rhitung > rtabel (0,854>0,444) dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil 72,93%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran make a match berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Ma’arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas dengan konstribusi sebesar 72,93% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Metode pembelajaran; Metode make A Match; Akidah Akhlak; Akhlak terpuji dan tercela; Pemahaman belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:15
Last Modified: 24 Nov 2022 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics