Penerapan flipped classroom di MI Miftahul Athfal Semarang : refleksi guru
Yusliana, Karin (2022) Penerapan flipped classroom di MI Miftahul Athfal Semarang : refleksi guru. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1803096034_Karin_Yusliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan refleksi guru tentang penerapan Flipped Classroom pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah, refleksi terkait tantangan yang dihadapi saat penerapan Flipped Classroom, serta upaya yang dilakukan untuk menghadapi permasalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan teori refleksi dari tahapan refleksi model Gibbs(1998). Studi kasus ini menggunakan proyek penelitian kualitatif sebagai desain penelitian serta wawancara sebagai instrumen utama. Wawancara ditujukan kepada seorang guru di Madrasah Ibtidaiyah Semarang yang telah menerapkan Flipped Classroom dalam pembelajaran bahasa Inggrisnya. Penelitian ini menggunakan analisis isi untuk mengolah data, dan metode deskripsi untuk menyajikan data.
Hasil penelitian menunjukan refleksi positif dari guru tentang penerapan Flipped Classroom pada pembelajaran bahasa Inggris. Tantangan yang dihadapi guru yaitu penggunaan sarana handphone. Upaya yang dilakukan guru untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu dengan tidak selalu memberikan materi dalam bentuk video, guru juga menugaskan membaca atau menghafalkan kosakata sebelum pertemuan di kelas. Selain itu guru juga memiliki rencana tindakan peningkatan serta perbaikan dalam penerapan Flipped Classroom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi; Refleksi guru; Flipped classroom; Pembelajaran Bahasa Inggris; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Erica Visiyam |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 03:19 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 03:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18031 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year