Implementasi metode sambung ayat dalam kemampuan menghafal Al-qur'an (juz'amma) pada siswa kelas II di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun 2021/2022

Fahrudin, Faisal (2022) Implementasi metode sambung ayat dalam kemampuan menghafal Al-qur'an (juz'amma) pada siswa kelas II di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096070_Faisal_Fahrudin_Lengkap] Text (Skripsi_1803096070_Faisal_Fahrudin_Lengkap)
Skripsi_1803096070_Faisal_Fahrudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menghafal merupakan suatu aktifitas menanamkan materi dalam ingatan, sehingga nanti dapat mengingat kembali. untuk mencapai tujuan menghafal yang baik dan melekat pada ingatan dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Seperti pada siswa kelas II di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang yang menerapkan metode membaca menirukan tetapi belum mampu meningkatkan hafalan peserta didik sehingga harus mencari alternatif lain dengan menerapkan sebuah metode hafalan berupa metode sambung ayat untuk meningkatkan kemampuan menghafal juz’amma. Penelitian ini terkait implementasi metode sambung ayat dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz’ Amma) pada siswwa kelas II di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi metode sambung ayat dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz' Amma) pada siswa kelas II di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang? (2)Bagaimana kemampuan siswa kelas II dalam menghafal Al-Qur’an (Juz’ Amma) melalui metode sambung ayat?. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan metode sambung ayat pendidik terlebih dahulu mengkondisikan kelas, kemudian pendidik menjelaskan pengertian metode sambung ayat dan dilanjut praktek hafalan dengan menggunakan metode sambung ayat dengan cara pendidik menunjuk 6 siswa secara acak untuk maju prkatek hafalan. Kemudian kemampuan siswa kelas II dalam menghafal Al-Qur’an (Juz’ Amma) melalui metode sambung ayat menunjukan hafalan siswa menjadi lebih meningkat serta fokus dalam mengetahui lanjutan ayat demi ayat dalam satu surah dan tajwidnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode sambung ayat; Kemampuan menghafal Al-Qur’an; Juz’ Amma
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 22 Nov 2022 05:10
Last Modified: 22 Nov 2022 05:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18067

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics