Peran guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan hafalan surat - surat pendek di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang

Zahroh, Fatimatul (2022) Peran guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan hafalan surat - surat pendek di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106005_Fatimatul_Zahroh_Lengkap] Text (Skripsi_1803106005_Fatimatul_Zahroh_Lengkap)
Skripsi_1803106005_Fatimatul_Zahroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan seorang pendidik, pembimbing, pelatih, dan pemimpin yang dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di sekolah. Usia Dini adalah saat-saat yang paling baik bagi guru untuk mengembangkan nilai agama dan moral pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pern guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan hafalan surat-surat pendek di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitiaan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan tiga macam yakni wawancara, observasi, dokumentasi. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa di TK Al-Hidayah 7 Pedurungan Semarang guru memiliki peranan yang sangat penting diantaranya yaitu sebagai pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai motivator, dan guru selalu berkomunikasi dengan orang tua siswa. Melalui pembiasaan hafalan surat-surat pendek mampu meningkatkan nilai agama dan moral seperti, kesabaran, menghormati sesama teman dan guru, memiliki empati dengan teman, dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Pengembangan agama; Moral; Metode pembiasaan; Hafalan surat - surat pendek
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 22 Nov 2022 05:06
Last Modified: 22 Nov 2022 05:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics