Upaya peningkatan profesionalitas pendidik anak usia dini dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di KB PAUD Aisyiyah 02 Tambakromo

Mufida, Aina Yulifaatun (2022) Upaya peningkatan profesionalitas pendidik anak usia dini dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 di KB PAUD Aisyiyah 02 Tambakromo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106006_Aina_Yulifaatun_Mufida] Text (Skripsi_1803106006_Aina_Yulifaatun_Mufida)
Skripsi_1803106006_Aina_Yulifaatun_Mufida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang Profesionalitas Pendidik Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Di KB PAUD AISYIYAH 02 TAMBAKROMO.
Penelitian dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di KB PAUD AISYIYAH 02 TAMBAKROMO PATI ? (2) Bagaimana upaya peningkatan profesionalitas pendidik anak usia dini pada masa masa pandemi covid-19 di KB PAUD AISYIYAH 02 TAMBAKROMO, PATI?. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, karena peneliti ikut berpartisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data kepala sekolah, guru kelas B sekaligus operator dan orang tua. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan menunjukkan atau verivikasi.
Hasil dari kesimpulan penerapan pembelajaran daring pada KB PAUD AISYIYAH 02 TAMBAKROMO yaitu dengan menggunakan WA group, visiting home, semi daring dan media televisi. Dan dalam peningkatan profesionalitas para pendidik meningkatkan 4 kompetensi yaitu pada kompetensi pedagogik mengikuti seminar berkaitan dengan pembelajaran daring. Dalam kompetensi sosial bergabung dengan perkempulan oraganisasi dan melaksanakan paraenting. Kompetensi kepribadian dengan cara evaluasi dari kepala sekolah untuk pendidik dan dalam kompetensi profesional yaitu seminar dengan tema materi pemebelajaran daring untuk anak usia dini dan memaksimalkan pembelajaran laptop secara mandiri oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas; Pendidik; Anak Usia Dini; Pembelajaran daring; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:51
Last Modified: 28 Nov 2022 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18081

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics