Penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan hafalan surat pendek pada anak kelompok A di kelas Alqur’an TKIT Mutiara Hati Gunungpati Semarang tahun ajaran 2021/2022

Suryanita, Mettyana Ayu (2022) Penerapan metode qiro’ati dalam meningkatkan hafalan surat pendek pada anak kelompok A di kelas Alqur’an TKIT Mutiara Hati Gunungpati Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1803106021_Mettyana_Ayu_Suryanita] Text (Skripsi_Lengkap_1803106021_Mettyana_Ayu_Suryanita)
Skripsi_1803106021_Mettyana_Ayu_Suryanita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Qiro’ati di TKIT Mutiara Hati, mengetahui kondisi hafalan surat pendek sebelum menggunakan metode Qiro’ati, mengetahui hasil pencapaian hafalan surat pendek kelompok A kelas Al-Qur’an. Metode Qiro’ati merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an yang langsung memasukan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
Metode dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskripsi, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dapat penulis ungkapkan bahwa Penerapan metode Qiro’ati meliputi: mendengarkan, menirukan, melafalkan dan setoran individu. Dengan menerapkan metode Qiro’ati diharapkan peserta didik dapat menghafal surat pendek secara tartil, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sebelum menerapkan metode Qiro’ati peserta didik rata-rata mampu menghafal surat al fatihah, dan an nass, kondisi hafalan surat pendek peserta didik yaitu cenderung hafal suratnya saja tetapi belum tartil, dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Peserta didik selama dua semester mampu menghafal dua surat pendek setiap bulannya. Hasil pencapaian hafalan surat pendek yaitu, 2 peserta didik berhasil melebihi target yaitu sampai dengan attin dan al lail, 13 peserta didik sampai dengan al zalzalah, 15 peserta didik sampai dengan surat al bayyinah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati; Hafalan Surat Pendek; Metode Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 29 Nov 2022 09:40
Last Modified: 29 Nov 2022 09:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics