Persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Amalia, Indah Sholikhatul (2022) Persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Indah_Sholikhatul_Amali_1803096085_Skripsi_Lengkap] Text (Indah_Sholikhatul_Amali_1803096085_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803096085_Indah_Sholikhatul_Amali.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah, faktor penghambat yang dihadapi oleh dewan guru selama melaksanaan pembelajaran daring serta solusi dari faktor penghambat selama melaksankan pembelajaran daring.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa persepsi guru terhadap pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang mendapatkan respon positif. Dewan guru menjadi melek teknologi dengan beberapa pelatihan yang diadakan oleh kepala sekolah. Kendati pada awalnya terjadi kepanikan dan kebingungan mengalihkan pembelajaran normal ke pembelajaran daring, namun seiring tuntutan kebutuhan pendidikan ternyata para guru mampu menyesuaikan diri dan mengembangkan skill mereka untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik. Hanya sebagian kecil guru yang masih kesulitan dan itupun tetap dibantu dan mendapatkan pendampingan untuk bisa mengelola pembelajaran secara daring

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru; Pembelajaran Daring; dan Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:28
Last Modified: 30 Nov 2022 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics