Hubungan kecerdasan emosional dengan Hasil belajar kognitif matematika Siswa kelas IV Mi Islamiyah PodorejoNgaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022

Lu’luatul Masykuroh, Lu’luatul (2022) Hubungan kecerdasan emosional dengan Hasil belajar kognitif matematika Siswa kelas IV Mi Islamiyah PodorejoNgaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Lu`Luatul_Masykuroh_1803096121_Skripsi_Lengkap] Text (Lu`Luatul_Masykuroh_1803096121_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803096121_ Lu`Luatul_Masykuroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 42 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas IV, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif matematika yang diperoleh dari data nilai murni UAS semester genap mata pelajaran matematika kelas IV.
Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis perhitungan telah diperoleh r hitung = 0,609. Untuk taraf signifikansi 5% dengan df = 42 – 2 = 40 diperoleh r tabel = 0,304. Untuk taraf signifikasi 5% = 0,609 > 0,304. Karena r hitung > rtabel maka hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang tahun ajar 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Kognitif Matematika; Siswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:33
Last Modified: 30 Nov 2022 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics