Pengembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan sholat dhuha sejak usia dini kelompok B di RA Al-Hidayah UIN Walisongo Semarang

Agustina, Anisa (2022) Pengembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan sholat dhuha sejak usia dini kelompok B di RA Al-Hidayah UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106040_Anisa_Agustina] Text (Skripsi_1803106040_Anisa_Agustina)
Skripsi_1803106040_Anisa_Agustina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penanaman nilai agama dan moral sejak usia dini merupakan fondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaanya, jika nilai ini telah tertanam dengan baik sejak usia dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana pengembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan sholat dhuha di RA Al-Hidayah UIN Walisongo Semarang? 2) Bagaimana hasil pengembangan nilai agama dan moral melalui pembiasaan sholat dhuha di RA Al-Hidayah UIN Walisongo Semarang?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan jumlah 21 anak. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, instrumen dokumentasi, dan instrumen wawancara.
Hasil dari penelitian pertama menunjukan perkembangan tiga aspek utama yaitu nilai aqidah, ibadah, dan akhlak. Nilai aqidah yaitu mengajak anak untuk senantiasa beribadah sholat. Penanaman Ibadah melalui pembiasaan sholat dhuha anak dapat melafalkan bacaan sholat secara benar, khususnya bacaan sholat dhuha. Penanaman Akhlak terhadap sesama manusia yaitu penanaman ketertiban dalam antri wudhu dll. Yang kedua hasil yang dapat dicapai yaitu anak dapat berkerja sama dengan temanya, anak menaati peraturan yang ada disekolah, anak saling mebantu temanya, anak dapat bersabar untuk antri dalam berwudhu, anak dapat membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai agama; Moral; Sholat Dhuha; Anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:17
Last Modified: 03 Dec 2022 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics