Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis dengan menerapkan metode berkebun pada anak usia 5-6 tahun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuh Seti-Pati tahun ajaran 2021/2022
Nafis, Nilna Shifyana (2022) Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis dengan menerapkan metode berkebun pada anak usia 5-6 tahun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuh Seti-Pati tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1803106050_Nilna_Shifyana_Nafis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai penerapan metode berkebun dalam upaya meningkatkan kecerdasan natralis anak usia 5-6 tahun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuhseti, meliputi penerapan metode berkebun dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak, proses pelaksaan pembelajaran dengan menngunakan metode berkebun, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan berkebun serta solusi dari faktor penghambat pelaksaan penerapan metode berkebun dalam upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini bertujuan untuk membahas permasalahn 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode berkebun untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuhseti ?, 2) Apakah penerapan pembelajaran dengan metode berkebun dapat meningkatkan Kecerdasan Naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuhseti?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, dimana penulis ikut berpartisipasi selama dilapangan. Dalam pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas kelompok B2, wali murid kelompok B. Uji keabsahan data menggunakan triagualasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran metode berkebun di RA Himmatul Muta’allimin 02 Dukuhseti dapat diterapkan dengan baik, hal ini terlihat pada saat peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumntasi terlihat bahwa guru sudah menerapkan metode berkebun dengan baik. (2) Penerapan metode berkebun dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak, dengan berkebun memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi dan mengamati lingkungan sekitar serta diberi kebebasan untuk mengembangkan imajinasi dan dijadikan sarana untuk belajar sambil bermain, serta menjadikan anak lebih aktif dan dapat membentuk karakter atau pribadi yang baik pada anak seperti sabar dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Berkebun; Kecerdasan naturalis; Anak usia dini |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Tiara Muna |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 02:20 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 02:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18185 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year