Strategi guru dalam menjaga kesehatan mental anak usia 3-4 tahun selama pembelajaran tatap muka di KB Jaya Lestari Kelurahan Kalinyamat Wetan Kota Tegal

Cahyani, Izdihar Syifa (2022) Strategi guru dalam menjaga kesehatan mental anak usia 3-4 tahun selama pembelajaran tatap muka di KB Jaya Lestari Kelurahan Kalinyamat Wetan Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Izdihar_Syifa_Cahyani_1803106052_Skripsi_Lengkap] Text (Izdihar_Syifa_Cahyani_1803106052_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803106052_Izdihar_Syifa_Cahyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi Guru di KB Jaya Lestari dalam pengasuhan anak di sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam bagaimana anak dapat menerima atau memahami sebuah pembelajaran yang didapatkan di sekolah saat pembelajaran tatap muka. Termasuk pemahaman Guru terkait permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan mental, seperti stress pada anak saat anak merima pembelajaran,
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dapat guru lakukan dalam menjaga kesehatan mental anak saat pembelajaran tatap muka adalah dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang sesuai baik pendekatan melalui individual maupun kelompok. Jenis strategi yang dapat guru lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak usia 3-4 tahun di KB Jaya Lestari yaitu selalu mengonsep pembelajaran anak sambil bermain, penerapan pembelajaran secara langsung yang biasanya dilakukan oleh guru dengan metode ceramah. Khusus anak yang memiliki speech delay, dapat diberi stimulus oleh guru dengan memberikan kosakata baru, atau kosakata asing. Implementasi penerapan strategi guru memiliki manfaat dan Kendala. Manfaat yang guru dapatkan adalah guru dapat mengetahui karakter anak melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru. Kendala yang guru dapatkan adalah tidak adanya kualifikasi guru psikologi untuk menangani anak yang mengalami gangguan dan penerapan pembelajaran tatap muka yang belum diterapkan penuh di KB Jaya Lestari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Kesehatan Mental; Pembelajaran Tatap Muka
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Dec 2022 04:56
Last Modified: 03 Dec 2022 04:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18195

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics