Implementasi pembelajaran dengan media video kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada materi nilai agama dan moral anak usia dini kelompok A di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak

Wardah, Wardah (2022) Implementasi pembelajaran dengan media video kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada materi nilai agama dan moral anak usia dini kelompok A di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Wardah_1803106053_Skripsi_Lengkap] Text (Wardah_1803106053_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803106053_Wardah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran dengan media kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada materi nilai agama dan moral anak usia dini kelompok A di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak yang meliputi implementasi pembelajaran dengan media video kisah Nabi Muhammad dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi media video kisah Nabi Muhammad. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran dengan media video kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada materi nilai agama dan moral anak usia dini kelompok A di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran dengan media video kisah teladan Nabi Muhammad SAW pada materi nilai moral anak usia dini kelompok A di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak?
Dalam penelitian ini telah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran media video kisah teladan Nabi Muhammad, guru menayangkan video kisah Nabi Muhammad yang berisi bahwa Nabi rajin bersedekah memberikan makanan kepada pengemis buta walaupun pengemis tersebut pernah menghina Nabi. Siswa mengikuti dengan seksama, menyimak, mengamati, dan meniru. Dari hasil pembelajaran media video kisah Nabi Muhammad SAW di RA Muhyiddin nilai moral siswa berkembang dengan baik. Siswa menirukan prilaku baik dengan membagikan makanan kepada temannya dan berkata dengan sopan. 2) Faktor penghambatnya yaitu waktu. Sedangkan faktor pendukung diantaranya pendidik, sumber belajar, media, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Media Video; Nilai Agama dan Moral; Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Dec 2022 05:00
Last Modified: 03 Dec 2022 05:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18196

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics