Upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun dengan metode islamic montessori di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari

Wulansari Ar, Noviyanti (2022) Upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun dengan metode islamic montessori di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Noviyanti_Wulansari_Ar_1803106057_Skripsi_Lengkap] Text (Noviyanti_Wulansari_Ar_1803106057_Skripsi_Lengkap)
Skripsi_1803106057_Noviyanti_Wulansari_Ar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun dengan metode Islamic Montessori di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun yang masih kurang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai agama dan moral pada anak usia dini 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Genuk pada pokok bahasan deskripsi siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April selama 3 minggu, bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 57 Desa Genuksari dengan jumlah 15 anak dengan 3 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan dalam 1 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada proses pembelajaran peneliti menerapkan prinsip dasar pembelajaran metode montessori dan Islamic montessori yakni kebebasan, kemandirian anak, disiplin, menghargai anak, mempersiapkan lingkungan. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada pra siklus diperoleh hasil 40 % anak masih mulai berkembang, dan 60% berkembang baik serta 0% anak berkembang sangat baik nilai agama dan moral karena metode yang digunakan kurang kreatif dan inovasi. Sehingga anak belum mengenal Tuhan melalui ciptaannya, mengenal perilaku baik, buruk, sopan santun, membiasakan perilaku baik kepada teman maupun orang yang lebih tua, membiasakan mengucapkan salam dan membalas salam, dan anak belum dapat menirukan melafalkan surat pendek Al-Quran.
Pada siklus 1 dan 2 persentase yang diperoleh dinyatakan berhasil dengan tingkat kesulitan membiasakan anak berperilaku baik terhadap teman, membiasakan mengucapkan salam dan membalas salam serta anak belum mampu menirukan dan melafalkan surat pendek Al-Qur’an. Sedangkan siklus 3 hasil persentase anak adalah mulai berkembang 0%, berkembang baik 13% dan berkembang sangat baik 87% dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama dan Moral; Metode Islamic Montessori
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Dec 2022 05:09
Last Modified: 03 Dec 2022 05:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics