Pengembangan instrumen penilaian model testlet bentuk three-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMP materi kalor dan perpindahannya
Lestari, Rina Wahyu (2022) Pengembangan instrumen penilaian model testlet bentuk three-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMP materi kalor dan perpindahannya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808066031_Rina_Wahyu_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen model Testlet bentuk Three-Tier untuk menentukan kevalidan, reliabilitas dan mengidentifikasi pemahaman konsep pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah angket dan tes. Subjek penelitian adalah kelas VII SMP N 2 Gunem. Instrumen tes yang dikembangkan adalah model Testlet bentuk pilihan ganda tiga tingkat (Three-Tier), yang terdiri atas satu pernyataan umum dan tiga soal integrasi. Cara pengerjaan soal melalui tiga tingkat, yang terdiri atas soal pilihan ganda, pilihan alasan dan tingkat keyakinan. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan layak digunakan dengan perbaikan dan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase siswa yang paham konsep terhadap materi kalor dan perpindahannya adalah 19%, tidak paham konsep 31% dan mengalami miskonsepsi 50%. Tingkat pemahaman konsep sebesar 52% berkategori sedang pada konsep kalor dan pada konsep hubungan kalor dengan perubahan suhu atau perubahan wujud benda berkategori rendah sebesar 19%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kalor dan Perpindahannya; Pemahaman Konsep; Testlet; Three-Tier |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Vania Syifaul |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 02:45 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 02:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18247 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year