Pengembangan instrumen penilaian model testlet bentuk three-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMP materi kalor dan perpindahannya

Lestari, Rina Wahyu (2022) Pengembangan instrumen penilaian model testlet bentuk three-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa SMP materi kalor dan perpindahannya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808066031_Rina_Wahyu_Lestari] Text (Skripsi_Lengkap_1808066031_Rina_Wahyu_Lestari)
Skripsi_1808066031_Rina_Wahyu_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen model Testlet bentuk Three-Tier untuk menentukan kevalidan, reliabilitas dan mengidentifikasi pemahaman konsep pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah angket dan tes. Subjek penelitian adalah kelas VII SMP N 2 Gunem. Instrumen tes yang dikembangkan adalah model Testlet bentuk pilihan ganda tiga tingkat (Three-Tier), yang terdiri atas satu pernyataan umum dan tiga soal integrasi. Cara pengerjaan soal melalui tiga tingkat, yang terdiri atas soal pilihan ganda, pilihan alasan dan tingkat keyakinan. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan layak digunakan dengan perbaikan dan reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase siswa yang paham konsep terhadap materi kalor dan perpindahannya adalah 19%, tidak paham konsep 31% dan mengalami miskonsepsi 50%. Tingkat pemahaman konsep sebesar 52% berkategori sedang pada konsep kalor dan pada konsep hubungan kalor dengan perubahan suhu atau perubahan wujud benda berkategori rendah sebesar 19%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kalor dan Perpindahannya; Pemahaman Konsep; Testlet; Three-Tier
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:45
Last Modified: 07 Dec 2022 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics