Pengembangan e-modul suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa SMA

Relika, Noni (2022) Pengembangan e-modul suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066061_Noni_Relika] Text (Skripsi_1808066061_Noni_Relika)
Skripsi_1808066061_Noni_Relika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan dasar yang dimiliki siswa untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Modul pembelajaran yang dirancang sesuai indikator kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dapat digunakan untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan disajikan dalam bentuk flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan dari pengembangan e-modul suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA, 2) mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan e-modul suhu dan kalor, 3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan e-modul suhu dan kalor. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ajibarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) e-modul suhu dan kalor yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran diperoleh presentase sebesar 98% dengan kategori sangat layak, 2) kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan sekitar 10,2% dilihat dari rata-rata hasil pre-test dan post-test, serta perolehan skor N-Gain sebesar 0,35 yang menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori sedang, 3) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukan dengan persentase motivasi belajar 73% sebelum diberi tindakan dan 85% setelah diberi tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; E-Modul; Berpikir kritis; Motivasi belajar; Suhu dan kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Dec 2022 09:33
Last Modified: 07 Dec 2022 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18270

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics