Efektivitas model Conceptual Understanding Procedures (CUPS) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo

Fadilah, Rizki Nur (2022) Efektivitas model Conceptual Understanding Procedures (CUPS) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808056064_Rizki_Nur_Fadilah] Text (Skripsi_Lengkap_1808056064_Rizki_Nur_Fadilah)
Skripsi_1808056064_Rizki_Nur_Fadilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep peserta didik di SMP N 2 Tambakromo yang masih rendah, Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui keefektifan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo. Penelitian ini menggunakan True Eksperimental Design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Didapatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 27 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika lebih baik dari pada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tambakromo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Conceptual Understanding Procedures (CUPs); LKPD; Etnomatematika; Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:30
Last Modified: 08 Dec 2022 02:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18274

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics