Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap kreativitas anak usia dini di Tlogomulyo Rt.02 Rw.05 Pedurungan Semarang

Mubarokah, Sa’atul (2022) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap kreativitas anak usia dini di Tlogomulyo Rt.02 Rw.05 Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106062_Sa’atul Mubarokah_Lengkap] Text (Skripsi_1603106062_Sa’atul Mubarokah_Lengkap)
1603106062-Sa_atul Mubarokah-Skripsi - Sa_atul Mubarokah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kemampuan kreativitas pada anak usia 5 sampai 6 tahun terutama kreativitas mewarnai di usia tersebut dan di Kelurahan Tlogomulyo Rt.02 Rw 05 di rasa kurang begitu baik, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang tepat karena guru atau orang tua kurang tepat dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang efektif. Media yang digunakan juga belum bervariasi, selama ini orang tua hanya menggunakan metode konfensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media penggunaan video tutorial mewarnai dari youtube terhadap kreativitas anak usia dini dan untuk mengetahui keefektifan media penggunaan video tutorial mewarnai dari youtube terhadap terhadap kreativitas anak usia dini di Kelurahan Tlogomulyo Rt.02 Rw.05 Pedurungan Semarang pada tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Sampling Random. Sampel dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 5 sampai 6 tahun sebagai kelompok kontrol sekaligus kelompok eksperimen dengan jumlah 20 anak.
Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes yang telah dilakukan dan di peroleh rata-rata nilai pada nilai pre-test adalah 73.75 sedangkan rata-rata nilai pada nilai post-test adalah 84.85. berdasarkan hasil uji t-test diperoleh t_0 = 11.56 dan t_tabel = 2.03 dengan taraf nyata sebesar 5% jika t_0 > t_tabel maka H_a diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan mewarnai sebelum dan sesudah menggunakan video tutorial mewarnai gambar dari youtube. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial mewarnai dari youtube terhadap kemampuan mewarnai pada anak usia dini usia 5 sampai 6 tahun di Kelurahan Tlogomulyo Rt.02 Rw.05 Pedurungan Semarang itu efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Motorik; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Dec 2022 03:06
Last Modified: 20 Dec 2022 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics