Pengembangan modul investigation based multiple representation (IBMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi getaran dan gelombang siswa MTS kelas VIII

Herbianto, Sheren Aurellya (2022) Pengembangan modul investigation based multiple representation (IBMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi getaran dan gelombang siswa MTS kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066048_Sheren_Aurellya_Herbianto] Text (Skripsi_1708066048_Sheren_Aurellya_Herbianto)
Skripsi_1708066048_Sheren_Aurellya_Herbianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran yang terintegrasi Investigation Based Multiple Representation (IBMR) pada materi getaran dan gelombang. Media yang dikembangkan berupa modul yang dapat diakses secara online dalam pengembangannya digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models), tahapan penelitian yang dilakukan antara lain: define, design), develop, dan disseminate. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Barat dengan jumlah siswa 15 anak. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran IPA yaitu guru IPA Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Barat dan uji keterbacaan yang dilakukan oleh siswa. Pada analisis data validasi penilaian materi mendapatkan kategori sangat layak (SL) dengan persentase 98,57%, untuk penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat layak (SL) dengan persentase 95,59%. Uji keterbacaan dilakukan oleh 15 siswa mendapatkan hasil 95,61% kategori sangat layak (SL). Peningkatan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan modul dapat diketahui dengan hasil pretest dan posttest yang diukur menggunakan N-gain dengan skor peningkatan sebesar 0,683 (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: IBMR; Modul Pembelajaran; Kemampuan Pemecahan Masalah; 4D (Four D Models); Getaran; Gelombang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:47
Last Modified: 28 Dec 2022 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics