Upaya mengembangkan motorik halus melalui kegiatan menjiplak bentuk pada anak usia 5-6 di TK Al Hidayah Desa Maibit Tuban tahun 2022

Novinda, Elsa (2022) Upaya mengembangkan motorik halus melalui kegiatan menjiplak bentuk pada anak usia 5-6 di TK Al Hidayah Desa Maibit Tuban tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106037_ELSA NOVINDA_FULL] Text (Skripsi_1803106037_ELSA NOVINDA_FULL)
1803106037_ELSA NOVINDA_FULL_SKRIPSI - 37_Elsa Novinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan menjiplak ialah salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Menjiplak adalah aktivitas perkembangan fisik motorik halus dalam melatih kemampuan menebalkan, menulis, melukis dan menggambar anak dengan meniru. Mengembangkan motorik halus menjadi salah satu aspek kemampuan yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan di usia keemasan (golden age). Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui upaya mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjiplak anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Desa Maibit 2). Untuk Mengetahui kegiatan menjiplak mampu untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Desa Maibit
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data atau display data dan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan data dan analisa penelitian dapat disimpulkan 1). Upaya mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjiplak anak usia 5-6 tahun di TK Al Hidayah Desa Maibit dilakukan dengan langkah-langkah yaitu a.) Guru mempersiapkan anak-anak agar fokus terlebih dahulu setelah anak-anak fokus, b.) Guru memberi penjelasan kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan, c.) Guru menjelaskan peraturan kegiatan, d.) Guru membagikan kertas HVS dan daun pada setiap anak, e.) Guru menjelaskan pada anak bagaimana cara menjiplak f).Kemudian anak diminta untuk menjiplak bentuk yang diminta. 2). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menjiplak bentuk dapat mengembangkan motorik halus anak dengan baik. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian di TK Al Hidayah kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menjiplak bentuk telah mengalami penigkatan. Hal ini terlihat pada peningkatatan hasil nilai rata-rata kemampuan motorik halus anak dari nilai rata-rata sebelum kegiatan menjiplak yang memperoleh nilai rata-rata 65, 16 meningkat menjadi 71,83. Jadi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan motorik halus anak meningkat 20% dari nilai rata-rata 65 ,16 meningkat menjadi 71,83.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motorik halus; Menjiplak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 00:58
Last Modified: 31 Jan 2023 00:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics