Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi gerak harmonik sederhana siswa kelas X SMA

Fitriani, Lailatul (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis blended learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif materi gerak harmonik sederhana siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708066043_Lailatul_Fitriani] Text (SKRIPSI_1708066043_Lailatul_Fitriani)
1708066043_LAILATUL FITRIANI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Lailatul Fitriani(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Siswa di SMA Walisongo Pecangaan Jepara cenderung pasif dalam pembelajaran daring. Kurangnya pemahaman siswa mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif siswa, maka dibutuhkan model pembelajaran berbasis masalah dan sesuai dengan kondisi di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Blended Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Hasil analisis uji t didapatkan 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan tingkat keterampilan berpikir kreatif antara model pembelajaran PBL berbasis blended learning dengan pembelajaran daring. Hasil pretest dan posttest soal keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen meningkat sebesar 36,5 dan kelas kontrol 28,667. Selain itu hasil analisis N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,63 dan kelas kontrol sebesar 0,50 sama-sama berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Blended Learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; blended learning; berpikir kreatif; gerak harmonik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:15
Last Modified: 17 Apr 2023 04:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics