Pengaruh pelatihan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang

Tsuroya, Nabeela Himmatus (2022) Pengaruh pelatihan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036104_Nabeela Himmatus Tsuroya] Text (Skripsi_1903036104_Nabeela Himmatus Tsuroya)
Skripsi_1903036104_Nabeela Himmatus Tsuroya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah pendidikan, dalam hal ini guru memiliki tuntutan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Pada penelitian ini, peneliti fokus pada aspek pelatihan, motivasi, dan budaya organisasi karena relevan dengan problematika yang ada di SD Negeri Ngaliyan 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang, 2) Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang, 3) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan populasi 32 guru. Pembuatan angket disusun dengan menggunakan skala likert berskala 1-5. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) – Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 4. Adapun hasil analisis data yang diperoleh adalah pelatihan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang, motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang, dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya pimpinan sekolah mengadakan pelatihan yang mengacu pada kinerja guru, meningkatkan dan mempertahankan motivasi intrinsik maupun ekstrinsik supaya dapat meningkatkan kinerja guru, mempertahankan dan meningkatkan budaya organisasi dan pelayanan pada pelanggan, serta meminimalisir sifat individualis dan senioritas yang tertanam di benak guru supaya tidak menghambat kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Motivasi; Budaya Organisasi; Kinerja Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 03 Jul 2023 00:59
Last Modified: 03 Jul 2023 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics