Pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung pada materi penjumlahan kelas I MI NU Mafatihul Ulum Kudus tahun 2022/2023

Mawaddah, Anisa (2023) Pengaruh penerapan metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung pada materi penjumlahan kelas I MI NU Mafatihul Ulum Kudus tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of sKRIPSI_1803096024_Anisa Mawaddah_Full] Text (sKRIPSI_1803096024_Anisa Mawaddah_Full)
1803096024_Anisa Mawaddah_Full Skripsi - Anisa Mawaddah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berhitung siswa MI NU Mafatihul Ulum Kudus masih tergolong rendah karena metode pembelajaran yang diterapkan belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan berhitung pada siswa kelas I MI NU Mafatihul Ulum Kudus tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas I A sebagai kelas eksperimen dan kelas I B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes berbentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan uji t dalam taraf signifikansi 5 % diperoleh hasil thitung (2,4123) > ttabel= (2,0227), yang berarti bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Berdasarkan uji korelasi biserial diperoleh hasil rhitung = 0,4720, berdasarkan hasil analisis korelasi determinasi diketahui sebesar KD 22,2784%, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya penggunaan metode jarimatika berpengaruh terhadap kemampuan berhitung dengan kontribusi 22,2784% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Metode jarimatika; Kemampuan berhitung
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:44
Last Modified: 13 Jul 2023 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics