Pengaruh pendekatan mikir berbantu media batang napier terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III Di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara

Zulfa, Aminatun (2022) Pengaruh pendekatan mikir berbantu media batang napier terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III Di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096034_Aminatun_Zulfa_Lengkap] Text (Skripsi_1903096034_Aminatun_Zulfa_Lengkap)
1903096034_Aminatun_Zulfa_Lengkap Tugas Akhir - Aminatun Zulfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berhitung perkalian siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan MIKIR berbantu media batang napier terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, yang dilaksanakan di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara. Rancangan design pada penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas III yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas dan analisis akhir menggunakan uji t (Paired Sample t-test).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara diperoleh data akhir yaitu rata-rata nilai pretest 42,58 dan rata-rata nilai posttest 57,38. Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji t (paired sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil p = 0,000 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan MIKIR berbantu media batang napier terhadap keterampilan berhitung perkalian siswa kelas III di MI Hidayatul Husna Krasak Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan MIKIR; Media batang napier; Keterampilan berhitung; Perkalian
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Jul 2023 07:14
Last Modified: 29 Jul 2023 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics