Manajemen program unggulan tahfidz di MI Takhasus Darul Ulum Gondoriyo Semarang
Rahayu, Fita Unik (2022) Manajemen program unggulan tahfidz di MI Takhasus Darul Ulum Gondoriyo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803036007_FITA UNIK RAHAYU_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Persaingan antar madrasah menjadi sebuah tantangan baru bagi lembaga pendidikan untuk senantiasa melakukan pembaharuan. Melalui program unggulan Tahfidz di MI Takhasus Darul Ulum Gondoriyo Semarang diharapkan mampu menanamkan pada diri peserta didik untuk mencintai Al-Qur’an, menciptakan karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program tahfidz yang dilakukan mencakup menentukan tujuan program, menentukan penanggungjawab program, menentukan materi program, dan menentukan waktu pelaksanaan program. 2) Pelaksanaan program tahfidz yang dilakukan adalah kegiatan belajar mengajar yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi program tahfidz terbagi menjadi dua yaitu evaluasi guru dan evaluasi siswa. Dapat ditarik kesimpulan bahwa perencanaan program tahfidz di MI Takhasus Darul Ulum Gondoriyo Semarang dilakukan dengan mementukan tujuan terlebih dahulu. Dengan menentukan tujuan maka akan terfokus pada satu titik tujuan sehingga strategi yang dibuat dapat mendukung tercapainya tujuan. Pelaksanaan proses pembelajaran program dipegang oleh guru kelas masing-masing dan dilaksanakan pada hari sabtu mulai pukul 06.45 pelaskanaannya menggunakan metode muraja’ah dan metode tasmi’. Evaluasi yang dilakukan madrasah terbagi menjadi dua yaitu untuk guru dan untuk siswa. Evaluasi untuk guru setiap satu minggu satu kali dihari sabtu, awal bulan dan awal semester. Sedangkan evaluasi siswa meliputi evaluasi setoran hafalan harian, evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan, dalam perencanaan alangkah baiknya madrasah memberikan tugas kepada guru untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) program tahfidz agar dalam pelaksanaannya lebih terstruktur dan jelas. Kedua pelaksanaan, perlu adanya pengelolaan kelas. Ketiga evaluasi, alangkah baiknya setiap rapat perlu adanya notulensi yang jelas dan pendokumentasian sebagai bahan perbandingan pada rapat yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Pendidikan Khusus; Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 26 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 26 Aug 2023 02:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20773 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year