Dampak intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 70 Gebangsari Semarang

Hubba, Sita Dzirwatul (2023) Dampak intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 70 Gebangsari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1703106067_Sita Dzirwatul Hubba_Lengkap] Text (Skripsi_1703106067_Sita Dzirwatul Hubba_Lengkap)
1703106067_Sita Dzirwatul Hubba.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 70 Gebangsari Semarang. Penggunaan gadget secara berkelanjutan akan memberikan dampak buruk bagi pola perilaku anak sehari-harinya, berinteraksi dengan lingkungannya menjadi semakin berkurang, anak akan terus ketergantungan dan menjadikannya sebagai kegiatan yang harus rutin dilakukan.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : Bagaimana realitas penggunaan gadget pada anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 70 Semarang dan Bagaimana dampak gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK PGRI 70 Semarang.
Skripsi ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kurangnya pengawasan dan ketegasan dan contoh dari orang tualah yang membuat anak menjadi kecanduan gadget, batasi durasi waktu pemakaiannya dan bahan tontonanya perlu di perhatikan.
Adapun solusi untuk anak yang sudah ketergantungan oleh gadget yaitu : pilih sesuai dengan usianya, selektif dalam memilih aplikasi permainan dalam gadget, temani anak dalam bermain gadget, batasi anak untuk bermain gadget, mengajak anak melakukan kegiatan positif, anak dapat dajak bermain dengan permainan edukatif dan permainan yang menggunakan kerjasama dengan teman sebayanya, supaya anak terjalin interaksi sosial dengan teman dan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gadget; Sosial emosional; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:16
Last Modified: 13 Sep 2023 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21049

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics