Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan tahun ajaran 2022/2023

Alfiliya, Fian (2023) Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903106034_Fian Alfiliya_Lengkap] Text (Skripsi_1903106034_Fian Alfiliya_Lengkap)
1903106034_Fian Alfiliya_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas anak dalam berkreasi dan pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Karena masih terdominasi pada Lembar Kerja Anak (LKA). Tujuan penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media loose parts di TK Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (field reseach). Pengambilan sumber data yaitu kelompok B1 TK Tarbiyatul Athfal 04 Kaliwungu Selatan. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media loose parts dalam pembelajaran berperan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dengan cara melakukan seluruh tahapan penggunaan media loose parts menggunakan strategi bermain, beres-beres dan menyimpan barang serta berbagai strategi peningkatan kreativitas (penciptaan produk, imajinasi, eksplorasi, dan eksperimen). Berkaitan dengan hal tersebut faktor pendukung penggunaan media loose parts terletak pada peran guru dan orang tua yang baik serta ketersediaan media loose parts yang beragam di sekitar lingkungan sekolah dan faktor penghambatnya terletak pada minat dan mood anak yang tidak dapat dikondisikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Loose parts; Kreativitas; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:27
Last Modified: 16 Sep 2023 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics