Peran guru dalam menumbuhkan kemandirian anak di KB Cempakasari Kelurahan Karangmalang Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan
Nisaadah, Izzatun (2023) Peran guru dalam menumbuhkan kemandirian anak di KB Cempakasari Kelurahan Karangmalang Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.
1903106052_Izzatun Nisaadah_SKRIPSI LENGKAP - 052_Izzatun Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
KB Cempakasari merupakan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Karangmalang Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. KB Cempakasari memiliki ruang kelas 3 ruang dengan jumlah siswa 48 orang dan jumlah guru 4 orang. Pada tanggal
07 – 11 November - 2022 dilakukan observasi terhadap pembelajaran yang ada di KB Cempakasari. Hasil pengamatan peneliti didapatkan ada seorang anak masih dibantu oleh orang tua dalam menyelasaikan tugas yang diberikan oleh guru, ikut serta masuk dalam ruang kelas saat pembelajaran, anak tidak mau duduk sendiri serta anak menangis ketika di tinggal ibunya pergi walaupun hanya sebentar. Hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan kemandirian anak di sekolah ataupun di rumah. Oleh karena itu guru dan orang tua harus menjalin komunikasi dan kerjasama dalam menumbuhkan kemandirian anak dengan baik, salah satunya dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kemandirian anak di KB Cempakasari.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian anak serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan langkah pengumpulan data dari angket dan wawancara, kemudian data diolah atau direduksi, setelah itu data disajikan dan disimpulkan. Subjek dalam penelitian ini adalah Orangtua dan Guru Kelas Melati I KB Cempakasari. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata hasil penelitian kemandirian anak pada siswa kelas Melati I KB Cempakasari termasuk katagori mandiri dengan presentase nilai 84%. Peran orang tua sangat penting dalam menumbuhkan kemandirian anak dilihat dari hasil penelitian sebesar 100% menjadi faktor yang mempengaruhi kemandirian anak. Peran
orangtua merupakan bagian terpenting dalam melatih, mendidik dan membimbing anaknya di lingkungan keluarga, dikarenakan yang menentukan perkembangan anak kedepannya tergantung dari bagaimana pola asuh yang diterapkan orangtua. Peran guru dalam menumbuhkan kemandirian anak merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan guru merupakan seorang pendidik ketika berada ada di sekolahan. Peran guru dalam menumbuhkan kemandirian dalam diri seorang anak diantaranya selalu melakukan inovasi, pembiasaan, dan bekerjasama dengan orangtua menentukan program-progam sekolah untuk menjadikan anak menjadi mandiri. Adapun faktor yang mempengaruhi kemandirian anak adalah faktor internal yang berasal dalam diri anak yaitu jenis kelamin sebesar 83% dan kecerdasan anak sebesar 90% mempengaruhi kemandirian anak. Faktor eksternal yang mempengaruhi kemandirian anak adalah lingkungan keluarga, terutama pola asuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian anak; Peran orang tua;n Guru; Faktor internal; Faktor eksternal |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 04:28 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 04:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21074 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year