Pengaruh metode matematika gasing terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV MI Nashrul Fajar

Khaq, Arinil (2023) Pengaruh metode matematika gasing terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV MI Nashrul Fajar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1903096015_Arinil Khaq_Lengkap] Text (Skripsi_1903096015_Arinil Khaq_Lengkap)
Skripsi_1903096015_Arinil Khaq_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stereotypes orang-orang bahwa maetmatika adalah mata pelajaran yang menyulitkan, menakutkan, dan membosankan karena cara mengajar yang digunakan oleh guru masih monoton, sehingga berdampak pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu digunakan metode pembelajaran matematika GASING (Gampang, AsyIk, dan MenyenaNGkan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode matematika GASING terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nashrul Fajar Meteseh dengan sampel kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-postest design. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata dari 59,84 pada pretest menjadi 80,56 pada posttest. Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji-t (paired sample t-test) dengan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 <0,05 maka, nilai hipotesis pada penelitian ini adalah (H_0) ditolak dan (H_a) diterima karena terdapat perbedaan antara kedua test tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode matematika GASING berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika; Gasing; Pemahaman matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:54
Last Modified: 20 Sep 2023 08:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21122

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics