Pelaksanaan metode cerita untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu Kendal
Hasanah, Alimatun (2011) Pelaksanaan metode cerita untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111105-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63111105-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
63111105-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (147kB) | Preview
63111105-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
63111105-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
63111105-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
63111105-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pelaksanaan Metode Cerita di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu Kendal dalam Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia Dini.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. Pendekatan deskriptif analisis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, yaitu dengan triangulasi sumber. Tahapan dari triangulasi yang dilakukan peneliti, yaitu: peneliti mencari data tentang metode cerita yang digunakan dalam pembelajaran dan kemampuan sosialisasi Anak Usia Dini di TK Tarbiyatul Athfal 14 melalui kegiatan observasi. Observasi dilakukan secara berulang-ulang untuk memperoleh data yang akurat. Data hasil observasi yang diperoleh kemudian dicek dengan cara melakukan wawancara dengan pendidik. Teknik analisis data penelitian adalah: 1) reduksi data yaitu dicatat secara jelas dan rinci, kemudian dirangkum dan dipilih yang pokok dan penting, 2) penyajian data berupa teks yang bersifat naratif dan tabel, dan 3) penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data: 1) Penggunaan Metode Cerita pada awal pembelajaran di TK Tarbiyatul Athfal 14 dapat Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak. Anak terlihat melakukan perilaku sosial, seperti persaingan positif agar ditunjuk untuk bercerita di depan teman-teman. Peserta didik berusaha supaya mendapatkan dukungan sosial dari pendidik dan teman sebaya, dapat menimbulkan kerjasama antara pencerita dengan pendengar, timbul rasa simpati dan empati, serta terjadi percakapan/konversasi pada saat tanya jawab antara pendidik sebagai pencerita dan peserta didik sebagai pendengar. 2) Penggunaan metode cerita pada akhir pembelajaran di TK Tarbiyatul Athfal 14 dapat Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi anak. Anak diajarkan untuk dapat bekerjasama, simpati, empati, dukungan sosial, berperilaku akrab, komunikasi dan mengungkapkan pendapat. Cerita juga dapat mengajarkan peserta didik untuk meniru yaitu dengan menirukan tokoh dalam cerita. 3) Jenis cerita yang sering digunakan oleh pendidik di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu adalah cerita Fabel. Cerita Fabel lebih sering digunakan karena gambar dalam cerita membuat peserta didik tertarik untuk memperhatikan cerita. Saran kepada pendidik untuk lebih varietif dan selektif dalam memilih tema cerita agar lebih menarik perhatian peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Cerita; Sosialisasi; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 28 May 2014 09:46 |
Last Modified: | 28 May 2014 09:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2129 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year