Strategi manajemen humas dalam penerimaan siswa baru di MTs Negeri Model Pemalang
A’mal, Muslikhul (2011) Strategi manajemen humas dalam penerimaan siswa baru di MTs Negeri Model Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311022-Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (978kB) | Preview
63311022-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
63311022-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
63311022-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
63311022-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
63311022-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
63311022-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Rumusan Masalah: (1) Bagaimana keadaan awal strategi manajemen humas dan hasil penerimaan siswa baru MTs Negeri Model Pemalang, (2) Bagaimana strategi dan program manajemen humas MTs Negeri Model Pemalang, (3) Bagaimana hasil penerimaan siswa baru MTs Negeri Model Pemalang sebagai hasil strategi manajemen humasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keadaan awal strategi manajemen humas dan penerimaan siswa baru MTs Negeri Model Pemalang, (2) mendiskripsikan strategi dan program manajemen humas MTs Negeri Model Pemalang, (3) mengetahui hasil penerimaan siswa baru MTs Negeri Model Pemalang sebagai hasil dari strategi manajemen humasnya.
Jenis penelitian penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan deskriptif yaitu peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ada. Analisis penelitian kualitatif ini dilakukan bersama dengan proses pengumpulan data.
Hasil penelitian meliputi: 1) keadaan awal strategi manajemen humas di MTsN Pemalang masih sangat sederhana, hanya menggunakan strategi promosi berupa brosur dan spanduk serta dengan mengadakan ekstra kurikuler marching band, karena pada waktu itu MTs sudah menjalin kerja sama yang bagus dengan SD sekitar, belum terjadi persaingan yang sangat tajam, melihat bahwa MTs merupakan madrasah yang berumur dan kebijakan pemerintah. 2) Strategi dan program manajemen humas MTsN Pemalang dalam meningkatkan penerimaan siswa baru dipetakan menjadi dua, yaitu strategi manajemen humas dengan public intern dan strategi manajemen humas dengan public ekstern. Strategi manajemen humas dengan public intern melalui pembinaan pada tanggal 17 setiap bulan, upacara bendera setiap hari Senin, halal bi halal dan pengajian keluarga MTsN Pemalang. Sedangkan strategi manajemen humas dengan public ekstern dikelompokkan menjadi tiga strategi, yaitu strategi kerja sama, strategi pencitraan dan strategi promosi. 3) Hasil penerimaan siswa baru setelah diterapkan strategi dan program manajemen humas belum begitu berhasil dari yang semula mendapat rata-rata 740 jumlah pendaftar per tahun selama 5 (lima) tahun, turun menjadi 607 jumlah pendaftar rata-rata per tahunnya selama 6 (enam) tahun setelah diterapkan strategi dan program manajemen humas. Hal ini dikarenakan belum dilakukan analisis mendalam tentang penyusunan strategi manajemen humas, telah terjadi salah persepsi dari masyarakat tentang seleksi penerimaan siswa baru MTsN Pemalang dan persaingan yang semakin kompetitif.
Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi guru dan pengelola MTs Negeri Model Pemalang, bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sekolah; Penerimaan Siswa Baru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 03:49 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 03:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year