Efektivitas pendekatan CTL (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam mata pelajaran fisika materi pokok gerak pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Negeri Subah Batang tahun ajaran 2010/2011

Kholidah, Kholidah (2011) Efektivitas pendekatan CTL (contextual teaching and learning) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam mata pelajaran fisika materi pokok gerak pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Negeri Subah Batang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63611001_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63611001_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (814kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bab1.pdf]
Preview
Text
63611001_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bab2.pdf]
Preview
Text
63611001_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bab3.pdf]
Preview
Text
63611001_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bab4.pdf]
Preview
Text
63611001_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bab5.pdf]
Preview
Text
63611001_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 63611001_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63611001_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam mata pelajaran fisika materi pokok gerak pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Negeri Subah Batang tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Negeri Subah Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII, pada pengambilan sampel digunakan metode cluster sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol, yang masing- masing kelas memiliki jumlah peserta didik sebanyak 30 anak.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode: 1) Dokumentasi yaitu untuk mengambil data nama peserta didik dan data nilai ujian semester kelas VII tahun ajaran 2010/2011; 2) Tes untuk memperoleh data aspek kognitif peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif yang berbentuk esai; 3) Observasi digunakan untuk memperoleh data perkembangan peserta didik pada aspek berpikir kritis dan kreatif yang meliputi kemampuan mengamati, mengidentifikasi, menarik kesimpulan, bertanya, memberikan gagasan, dan mengatasi persoalan selama proses pembelajaran.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kognitif kelas eksperimen mencapai 74,73 dan seluruh peserta didik mencapai ketuntasan belajar klasikal yang mengacu pada nilai KKM, di mana nilai KKM yang ditetapkan yaitu 60,00. Pada kelas kontrol rata-rata hasil belajarnya adalah 61,70 dan ada tujuh peserta didik yang tidak mencapai KKM. Berdasarkan hasil rata-rata analisis observasi pada aspek berpikir kritis dan kreatif pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas lebih tinggi yaitu 79,42 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 70,09. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t = 8,445 dan t = t = 1,67 dengan taraf signifikansi  = 5%, dk = -2 = 30+30-2 =58, peluang = 1-  = 1- 0,05= 0,95, Ha di terima apabila t ≥ t . Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa Ha diterima, artinya kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam mata pelajaran fisika materi pokok gerak pada peserta didik kelas VII semester genap MTs Negeri Subah Batang adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Fisika; Strategi Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Jun 2014 03:32
Last Modified: 10 Jun 2014 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics