Upaya peningkatan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo Jakenan Pati tahun pelajaran 2009 / 2010 melalui penggunaan metode drill

Shohibi, Shohibi (2011) Upaya peningkatan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Tarbiyatusy Syubban Kalimulyo Jakenan Pati tahun pelajaran 2009 / 2010 melalui penggunaan metode drill. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111511_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111511_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bab1.pdf]
Preview
Text
73111511_bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bab2.pdf]
Preview
Text
73111511_bab2.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bab3.pdf]
Preview
Text
73111511_bab3.pdf - Accepted Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bab4.pdf]
Preview
Text
73111511_bab4.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bab5.pdf]
Preview
Text
73111511_bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 73111511_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111511_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas V MI. Tarbiyatusysyubban Kalimulyo Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas V MI. Tarbiyatusysyubban Kalimuyo Jakenan Pati.
Dari data yang ditemukan menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits pada materi hafalan dan isi kandungan hadits tentang ciri – ciri orang munafik. Pada proses pembelajaran sebelum pelaksanaan siklus adalah 35,71 % sedangkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I yaitu 70,57 % dan 85,71 % pada siklus II. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, dan mampu mempertanggungjawabkan segala tugas baik individu maupun kelompok.
Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa penerapan metode drill mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama tingkat pemahaman dan hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Al-Qur’an Hadits; Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:34
Last Modified: 24 Jun 2014 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics