Strategi guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini dan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di TK IT An-Nahl Tambun Selatan Kab. Bekasi

Istianawati, Hani (2021) Strategi guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini dan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di TK IT An-Nahl Tambun Selatan Kab. Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106059_Hani_Istianawati] Text (Skripsi_1703106059_Hani_Istianawati)
Skripsi_1703106059_Hani_Istianawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas merupakan keahlian diri yang dimiliki masing-masing individu sejak lahir seperti keberanian, rasa percaya diri, rasa ingin tahu yang tinggi, sifat keterbukaan, dan segala kemampuan mengolah diri. Pengembangan kreativitas ini sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karena kreativitas dibutuhkan bagi anak untuk keberlangsungan hidupnya baik dalam memecahkan masalah ataupun menghasilkan sesuatu yang baru.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini dan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di TK IT AN-Nahl. 2) Untuk mendekripsikan faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini dan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di TK IT AN-Nahl.
Hasil yang didapatkan dari penelitian mengetahui strategi pengembangan kreativitas anak di TK IT AN-Nahl adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan kreativitas melalui hasta karya (2) Pengembangan kreativitas melalui imajinasi (3) Pengembangan kreativitas melalui eksplorasi (4) Pengembangan kreativitas melalui eksperimen (5) Pengembangan kreativitas melalui proyek (6) Pengembangan kreativitas melalui musik. Untuk media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran jarak jauh adalah penggunaan Google Meet, pemutaran vidio youtube, dan pengerjaan LK. Adapun yang menjadi fakor pendukung dan penghambat kreativitas anak adalah rangsangan mental, kondisi lingkungan, peran guru, peran orang tua, dan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Strategi guru; Anak Usia Dini; Pembelajaran jarak jauh; Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 May 2024 08:49
Last Modified: 13 May 2024 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics