Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok puasa Ramadan melalui model pembelajaran tematik pada siswa kelas III di MI Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang tahun ajaran 2010/2011
Wakhtim, Muhammad (2011) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok puasa Ramadan melalui model pembelajaran tematik pada siswa kelas III di MI Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111530_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111530_bab1.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
73111530_bab2.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
73111530_bab3.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
73111530_bab4.pdf - Accepted Version
Download (703kB) | Preview
73111530_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73111530_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu untuk mengetahui penerapan model tematik dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi pokok puasa ramadhan di kelas III MI Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang tahun ajaran 2010/2011
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tematik dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi pokok puasa ramadhan di kelas III MI Miftahul Huda Warugunung Bulu Rembang tahun ajaran 2010/2011 hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa dengan KKM 70 dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan 22,22% atau 0,22 naik menjadi 29,63% atau 0,30 pada siklus I dan pada siklus II sudah menjadi 85,19% atau 0,85. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu pada siklus I yang mencapai kategori baik sekali dan baik ada 29,63% atau 0,30 dan pada siklus II sudah menjadi 81,48% atau 0,81. Ketuntasan belajar dan keaktifan belajar siswa sudah memenuhi indikator yang ditetapkan yaitu 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembmelajaran Tematik; Puasa Ramadhan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.36 Special days of Islam. Saum Ramadhan 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:40 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 04:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2265 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year