Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qashar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara
Siswoyo, Siswoyo (2011) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qashar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111544_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111544_bab1.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
73111544_bab2.pdf - Accepted Version
Download (171kB) | Preview
73111544_bab3.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
73111544_bab4.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
73111544_bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
73111544_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) sejauh mana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 3) Bagaimana keaktifan belajar sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, 3) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011.
Penelitian ini action yang sesuai dengan langkah-langkahpembelajaran yang termuat dalamsetiap RPP melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi, data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan rumus prosentase
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 2) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning sudah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terbukti pada pra siklus tingkat ketuntasan ada 13 siswa atau 40,6% naik menjadi 19 siswa atau 59,4% pada siklus I pada siklus II naik lagi menjadi 21 siswa atau 68,8% dan terakhir pada siklus III menjadi 28 siswa atau 87,5%. 3) Keaktifan belajar siswa sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terjadi perubahan dimana pada siklus I ada 14 siswa atau 43,7% naik menjadi 20 siswa atau 62,5% dan terkhir pada siklus III menjadi 27 siswa atau 84,4%.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Salat Jama’ dan Qashar; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2014 04:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2271 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year