Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qashar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara

Siswoyo, Siswoyo (2011) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qashar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111544_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111544_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bab1.pdf]
Preview
Text
73111544_bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bab2.pdf]
Preview
Text
73111544_bab2.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bab3.pdf]
Preview
Text
73111544_bab3.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bab4.pdf]
Preview
Text
73111544_bab4.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bab5.pdf]
Preview
Text
73111544_bab5.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 73111544_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111544_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) sejauh mana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 3) Bagaimana keaktifan belajar sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning, 3) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun 2010/2011.

Penelitian ini action yang sesuai dengan langkah-langkahpembelajaran yang termuat dalamsetiap RPP melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi, data yang diperoleh lalu di analisis dengan menggunakan rumus prosentase
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran fiqih materi pokok ssalat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2010/2011 dengan berbagai siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 2) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning sudah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terbukti pada pra siklus tingkat ketuntasan ada 13 siswa atau 40,6% naik menjadi 19 siswa atau 59,4% pada siklus I pada siklus II naik lagi menjadi 21 siswa atau 68,8% dan terakhir pada siklus III menjadi 28 siswa atau 87,5%. 3) Keaktifan belajar siswa sesudah penerapan pembelajaran contextual teaching learning dalam mata mata pelajaran Fiqih materi pokok salat jama’ dan qhasar kelas VII di MTs Mamba’ul ’Ulum Pakis Aji Mlonggo Jepara terjadi perubahan dimana pada siklus I ada 14 siswa atau 43,7% naik menjadi 20 siswa atau 62,5% dan terkhir pada siklus III menjadi 27 siswa atau 84,4%.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Salat Jama’ dan Qashar; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:52
Last Modified: 24 Jun 2014 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics