Pengaruh model pembelajaran FERA (focus, explore, reflect, and apply) terhadap scientific reasoning ability peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI SMA

Qolbiy, Siti Khaniyatul (2023) Pengaruh model pembelajaran FERA (focus, explore, reflect, and apply) terhadap scientific reasoning ability peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076010_Siti_Khaniyatul_Qolbiy] Text (Skripsi_1908076010_Siti_Khaniyatul_Qolbiy)
Skripsi_1908076010_Siti_Khaniyatul_Qolbiy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kimia merupakan salah satu subjek pendidikan sains yang memiliki peranan penting dalam perkembangan sains dan teknologi. Penerapan model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) dapat membantu peserta didik dalam memfasilitasi berkembangnya scientific reasoning ability. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) terhadap scientific reasoning ability peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode quasy experiment dan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang dengan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis berupa Independent Sample T-test memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya model pembelajaran FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply) berpengaruh terhadap scientific reasoning ability peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis dilanjut dengan Uji N-Gain dengan hasil rata-rata Uji N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,466 peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang, sedangkan skor Uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,803 peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply); Scientific reasoning ability; Larutan penyangga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:53
Last Modified: 12 Jul 2024 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22795

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics