Pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks

Tukwain, Sitti Isra Fauzia M. (2023) Pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908076014_Sitti_Isra_Fauzia_M._Tukwain] Text (Skripsi_1908076014_Sitti_Isra_Fauzia_M._Tukwain)
Skripsi_1908076014_Sitti_Isra_Fauzia_M._Tukwain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 1 Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa diukur melalui tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis (uji t-independent) dan uji effect size. Hasil uji t-independent pada N-Gain hasil belajar memperoleh nilai sig(1-tailed) sebesar 0,000 < (⍺) yang berarti bahwa Ha diterima. Kemudian untuk melihat seberapa besar pengaruh perbedaannya digunakan uji lanjut uji lanjut effect size d’cohen yang didapatkan nilai sebesar 1,0 yang menunjukkan bahwa pengaruhnya termasuk masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Multiple Level Representation; Apilkasi Android; Reaksi Redoks; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:18
Last Modified: 12 Jul 2024 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics