Pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks
Tukwain, Sitti Isra Fauzia M. (2023) Pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908076014_Sitti_Isra_Fauzia_M._Tukwain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 1 Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar siswa diukur melalui tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis (uji t-independent) dan uji effect size. Hasil uji t-independent pada N-Gain hasil belajar memperoleh nilai sig(1-tailed) sebesar 0,000 < (⍺) yang berarti bahwa Ha diterima. Kemudian untuk melihat seberapa besar pengaruh perbedaannya digunakan uji lanjut uji lanjut effect size d’cohen yang didapatkan nilai sebesar 1,0 yang menunjukkan bahwa pengaruhnya termasuk masuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Level Representation; Apilkasi Android; Reaksi Redoks; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22797 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year