Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi

Pertiwi, Ayuni Dinda (2023) Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066003_Ayuni_Dinda_Pertiwi] Text (Skripsi_1908066003_Ayuni_Dinda_Pertiwi)
Skripsi_1908066003_Ayuni_Dinda_Pertiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan tingkat keefektifan model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA di SMA Negeri 7 Semarang mengguunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ekserimen dan desain penelitian Pretest-posttest Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Semarang, dengan Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XI MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas kontrol. Variabel pada penelitian ini yaitu variabel bebas yaitu model pembelajaran PBL berbantuan Media Mind mapping serta variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis. Teknik pengumpulan pengumpuan data dilakukan dengan metode tes keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui efektivitas keterampilan berpikir kritis ini menggunakan tipe soal uraian. Data hasil pre-test digunakan untuk uji normalitas dan homogenitas sabagai uji tahap awal, sedangkan data posttest digunakan untuk menguji hipotesis tahap akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan Mind mapping efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan t_hitung = 2,497 > t_tabel = 1,67 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan tingkat keefektifannya dibuktikan dengan uji gain sebesar 0,6 dengan kriteria sedang, sehingga model PBL berbantuan Mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Mind mapping; Berpikir kritis; Gelombang bunyi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:41
Last Modified: 18 Jul 2024 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics