Pengembangan instrumen Five-Tier Diagnostic Test berbasis Higher Order Thinking Skills (5TDT-HOTS) berorientasi PISA pada materi gelombang bunyi

Firdausi, Rizqa Fajri (2023) Pengembangan instrumen Five-Tier Diagnostic Test berbasis Higher Order Thinking Skills (5TDT-HOTS) berorientasi PISA pada materi gelombang bunyi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066033_Rizqa_Fajri_Firdausi] Text (Skripsi_1908066033_Rizqa_Fajri_Firdausi)
Skripsi_1908066033_Rizqa_Fajri_Firdausi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen five-tier diagnostic test berbasis higher order thinking skills (5TDT-HoTS) berorientasi PISA pada materi gelombang bunyi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan instrumen, menganalisis profil miskonsepsi siswa, serta menganalisis respon siswa terhadap instrumen 5TDT-HoTS. Model pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) oleh Sugiyono dimulai dari tahap pertama sampai tahap kedelapan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian uji skala terbatas yaitu 18 siswa kelas XI MIPA 3 dan subjek uji skala luas yaitu 36 siswa kelas XI MIPA 1 MAN 1 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan empat metode, yaitu wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Kelayakan instrumen dilihat berdasarkan hasil penilaian ahli validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis uji validitas sebesar 0,80 dengan kategori sangat valid dan layak untuk diuji cobakan dengan sedikit revisi. Reliabilitas instrumen sebesar 0,953 dengan kategori sangat reliabel. Kategori tingkat kesukaran soal terdiri atas 2 soal sukar, 28 soal sedang, dan 10 soal mudah. Tingkat daya beda diperoleh 6 butir soal diterima tanpa perbaikan, 6 butir soal diterima tetapi diperbaiki, 9 butir soal diperbaiki, dan 19 butir soal dibuang. Berdasarkan hasil interpretasi miskonsepsi, siswa mengalami miskonsepsi sebesar 33% pada semua indikator materi gelombang bunyi dengan miskonsepsi tertinggi pada indikator intensitas dan taraf intensitas bunyi dengan persentase sebesar 39% dan hasil respon siswa terhadap instrumen 5TDT-HoTS dikategorikan sangat menarik dengan persentase rata-rata 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik Lima Tingkat; Miskonsepsi; Gelombang Bunyi; PISA; Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:55
Last Modified: 18 Jul 2024 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics