Analisis kemampuan siswa tunagrahita dalam penggunaan mata uang pada kegiatan jual beli di kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang

Utami, Wahyu Tri Budi (2023) Analisis kemampuan siswa tunagrahita dalam penggunaan mata uang pada kegiatan jual beli di kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056008_Wahyu_Tri_Budi_Utami] Text (Skripsi_1608056008_Wahyu_Tri_Budi_Utami)
Skripsi_1608056008_Wahyu_Tri_Budi_Utami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang mengenai penalaran mata uang dalam pembelajaran masih minim. Pembelajaran matematika yang diberikan secara konvensional, mengakibatkan siswa tunagrahita ringan kesulitan menerapkan dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa tunagrahita dalam penggunaan mata uang pada kegiatan jual beli di kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang.
Problematika yang menjadi fokus penelitian ini adalah kemampuan siswa pada penggunaan mata uang dengan metode kegiatan jual beli dalam pembelajaran matematika. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dari 3 siswa yang ada di kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diperoleh bahwa metode kegiatan jual beli pada pembelajaran penggunaan mata uang dapat mengingkatkan kemampuan penggunaan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB/C YPAC Semarang.
Peneliti mengambil saran untuk Guru Kelas dapat menerapkan metode kegiatan jual beli dalam proses pembelajaran mata uang sebagai mediator dalam peningkatan kemampuan siswa dalam penggunaan mata uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Siswa tunagrahita ringan; Penggunaan mata uang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:06
Last Modified: 20 Jul 2024 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22876

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics