Pengembangan modul matematika bermuatan nilai-nilai Islam berbentuk komik digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun

Amni, Rasiah (2023) Pengembangan modul matematika bermuatan nilai-nilai Islam berbentuk komik digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056030_Rasiah_Amni] Text (Skripsi_1608056030_Rasiah_Amni)
Skripsi_1608056030_Rasiah_Amni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbentuk komik digital bermuatan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP Muhammadiyah Kutowinangun yang digambar secara manual pada kertas kemudian discan dan dilanjutkan dengan menggunakan aplikasi Sketchbook dan Piscart. Modul matematika berbentuk komik digital diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri yang menarik serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan mengacu pada 5 langkah model pengembangan ADDIE yaitu: 1) analysis (analisis), 2) design (perancangan), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi) dan 5) evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Kutowinangun yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbentuk komik digital bermuatan nilai-nilai Islam layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi sisiwa. Kelayakan yang ditinjau dari segi validitas oleh guru, ahli materi dan ahli media memperoleh kriteria cukup valid dengan nilai persentase rata- rata 82,15%. Sedangkan hasil uji t berpasangan dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 10,4088 > 1,7247. Serta hasil skor n-gain sebesar 0,395 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran matematika berbentuk komik digital bermuatan nilai-nilai Islam efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul matematika; Komik Digital; Integrasi sains dan Islam; Kemampuan pemecahan masalah; Aritmetika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Jul 2024 02:54
Last Modified: 20 Jul 2024 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22877

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics