Pengaruh penerapan model pembelajaran constructivism, integrative & contextual (CONINCON) terhadap minat belajar dan hasil belajar materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP Hasanuddin 5 Semarang

Yakin, Yusril Ainul (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran constructivism, integrative & contextual (CONINCON) terhadap minat belajar dan hasil belajar materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP Hasanuddin 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056101_Yusril_Ainul_Yakin] Text (Skripsi_1708056101_Yusril_Ainul_Yakin)
Skripsi_1708056101_Yusril_Ainul_Yakin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mendapatkan hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), lebih memilih untuk mencatat dibandingkan memperhatikan penjelasan, kurang antusias dalam menjawab pertanyaan dari guru, dan tidak mengerjakan tugas dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Constructivism, Integrative & Contextual (CONINCON) terhadap minat belajar dan hasil belajar pada materi PLSV. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen murni tipe post test menggunakan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil dari penelitian, Pada uji perbedaan rata-rata hasil belajar dan minat belajar didapatkan bahwa nilai t hitung berturut-turut adalah 2,21 dan 13,85. Sedangkan nilai dari t tabel adalah 1,697. Artinya, nilai t hitung keduanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan t tabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran CONINCON memberikan pengaruh signifikan terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Hasanuddin 5 Semarang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Constructivism, Integrative & Contextual (CONINCON); Minat Belajar; Hasil belajar; Persamaan linier; Pertidaksamaan Linier; Satu Variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:12
Last Modified: 23 Jul 2024 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22900

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics