Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan kolase anak usia dini di RA Tanwirl Qulub-01, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, tahun 2022/2023.

Mahbubah, Siti Nur Qolam (2023) Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan kolase anak usia dini di RA Tanwirl Qulub-01, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106058_Siti_Nur_Qolam_Mahbubah] Text (Skripsi_1803106058_Siti_Nur_Qolam_Mahbubah)
Skripsi_1803106058_Siti_Nur_Qolam_Mahbubah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Strategi guru memiliki peran dalam membantu siswa mengembangkan potensi yang dimiliki. Strategi guru merupakan pendekatan umum mengajar yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran. Strategi Guru di Ra Tanwirul Qulub 01 dalam pengasuhan anak di sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam aspek perkembangan anak salah satunya dalam perkembangan motorik halus.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan penelitian menggunakan sumber data sekunder dan primer. Hasil analisis penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, serta dokumen sesuai kondisi nyata di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini. Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan motorik halus bisa dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang sesuai baik pendekatan melalui individual maupun kelompok. Jenis strategi yang dilakukan di Ra Tanwirul Qulub 01 yaitu menggunakan strategi PAUD yang berbasis aktivitas, serta memberikan arahan dan motivasi pada anak dan Fun Learning. bisa dengan cara mengajak anak untuk praktek secara langsung bisa melalui kegiatan bermain kolase. Karena jika mengajak anak praktek secara langsung bisa membuat perkembangan motorik halus anak lebih optimal. Implementasi dalam penerapan strategi guru memiliki manfaat dan kendala. Manfaat yang guru dapatkan oleh guru yaitu dapat mengetahui sejauh mana perkembangan motorik halus anak didiknya serta dapat lebih tau karakter anak masing-masing melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi guru; Perkembangan motorik halus; Kegiatan kolase; Anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:31
Last Modified: 25 Jul 2024 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics