Penerapan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di RA Hj Sri Musiyarti

Maulida, Wafa (2023) Penerapan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di RA Hj Sri Musiyarti. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106031_Wafa_Maulida] Text (Skripsi_1903106031_Wafa_Maulida)
Skripsi_1903106031_Wafa_Maulida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan program sekolah ramah anak memiliki pengaruh dalam membantu proses tumbuh kembang anak untuk menciptakan generasi penerus yang lebih baik lagi. Sekolah ramah anak mendukung partisipasi anak dalam pemenuhan hak dasar anak, yaitu mendapat pendidikan yang layak. Sekolah ramah anak itu sendiri telah diujikan dengan berbagai lembaga sebelum benar-benar ditunjuk sebagai “sekolah ramah anak”.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di RA Hj. Sri Musiyarti. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara penerapan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di RA Hj. Sri Musiyarti dan (2) faktor apa saja yang mendorong dan menghambat tercapainya akhlakul karimah peserta didik di RA Hj. Sri Musiyarti.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) penerapan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di RA Hj. Sri Musiyarti dilaksanakan dengan membuat atau merancang kurikulum yang berlandaskan nilai agama dan moral yang mana di dalam kurikulum tersebut dilaksanakan kegiatan pembiasan-pembiasaan untuk anak. Ada pembiasaan rutin, pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontanitas, serta pembiasaan khusus. Selain itu, sekolah juga melengkapi sarana dan prasarana dengan membangun masjid serta menerapkan budaya 6S. Sudah ada 41% anak yang berhasil merasakan impact dari penerapan yang dilakukan pihak sekolah setiap harinya. Di sekolah, sebagian anak yang diteliti sudah mengalami peningkatan pada sikap akhlakul karimah yang sudah diterapkan. Penulis juga membuat pertanyaan kepada beberapa orang tua siswa bagaimana perilaku anak ketika ada di lingkungan rumah. Hasilnya mengatakan bahwa 60% sikap atau perilaku anak di rumah sudah mencapai nilai tuntas sikap akhlakul karimah. Hal ini menunjukkan bahwa anak cenderung terbiasa bersikap lebih baik saat berada di lingkungan rumah daripada saat berada di lingkungan sekolah atau dengan kata lain, penerapan yang dilakukan oleh pihak sekolah sudah berhasil. (2) Faktor pendorong dalam penerapan program sekolah ramah anak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di RA Hj. Sri Musiyarti yaitu adanya lingkungan keluarga yang supportif, berasal dari dalam diri anak, serta pendidik yang bertanggung jawab. Faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak supportif dan pengaruh gadget tanpa adanya pengawasan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program sekolah ramah anak; Akhlakul karimah; Anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:10
Last Modified: 29 Jul 2024 09:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22915

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics