Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di TK Tarbiyatul Athfal 04 Protomulyo Kaliwungu Selatan

Handayani, Mila Sri (2023) Problematika guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di TK Tarbiyatul Athfal 04 Protomulyo Kaliwungu Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106039_Mila_Sri_Handayani] Text (Skripsi_1903106039_Mila_Sri_Handayani)
Skripsi_1903106039_Mila_Sri_Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pergantian kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. TK Tarbiyatul Athfal 04 sudah menerapkan kurikulum merdeka selama 2 semester ini pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan melihat gambaran implementasi kurikulum merdeka di TK Tarbiyatul Athfal 04, mengidentifikasi problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dan untuk mendapatkan solusi untuk menghadapi problematika guru dalam implementasi kurikulum merdeka.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) implementasi kurikulum merdeka di TK Tarbiyatul Athfal 04 dalam masa transisi dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka, dalam implementasinya sekolah menyusun modul ajar dan modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila, menusun CP sesuai kebutuhan, (2) problem yang dihadapi guru adalah tidak memiliki pengalaman kemerdekaan belajar dan kurangnya referensi, pembelajaran diferensiasi tidak dilakukan setiap hari dan terbatasnya media pembelajaran loose parts. (3) solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika yang ada adalah aktif mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), aktif mengikuti seminar/workshop mandiri maupun kedinasan mengenai konsep kurikulum merdeka, aktif membuka PMM (Platform Merdeka Mengajar), memperbanyak referensi dengan mencari berbagai sumber dari internet dan media sosial, dalam pembelajaran diferensiasi tidak dilakukan setiap hari dan mengelola kelas dengan membentuk kelompok-kelompok kecil, menentukan metode pembelajaran yang efisien dan menyenangkan untuk peserta didik dan menambah media pembelajaran loose parts dengan pembelajaran outing class agar anak tidak bosan belajar didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem guru; Kurikulum merdeka; PAUD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:15
Last Modified: 29 Jul 2024 09:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics