Implementasi metode ekspositori dengan media buku cerita bergambar untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini : studi di TK Tarbiyatul Athfal 02, Khutoharjo Kaliwungu

Ajariyah, Imatul (2023) Implementasi metode ekspositori dengan media buku cerita bergambar untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini : studi di TK Tarbiyatul Athfal 02, Khutoharjo Kaliwungu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106046_Imatul_Ajariyah] Text (Skripsi_1903106046_Imatul_Ajariyah)
Skripsi_1903106046_Imatul_Ajariyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasikan metode ekspositori dengan menggunakan media buku cerita bergambar dalam pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 02, Khutoharjo Kaliwungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendidikan taman kanak-kanak (TK) sangat penting bagi anak-anak pada usia dini karena pada tahap ini mereka mengalami perkembangan yang pesat yang berpengaruh pada kehidupan mereka di masa depan. TK memberikan dasar-dasar pendidikan kepada anak-anak, seperti membaca, menulis, berhitung, dan pengetahuan dasar lainnya.
Salah satu fokus dalam pendidikan TK adalah perkembangan bahasa anak. TK Tarbiyatul Athfal 02 menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran literasi, yang melibatkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar. Tahap-tahap implementasi metode ekspositori meliputi persiapan, penyajian, dan menghubungkan cerita dengan dunia nyata dan menyimpulkan. Guru-guru TK Tarbiyatul Athfal 02 menggunakan teknik yang kreatif dan interaktif dalam menyampaikan cerita, seperti penggunaan intonasi suara, ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan partisipasi aktif anak-anak dalam cerita. Guru juga menghubungkan cerita dengan kejadian nyata dalam kehidupan anak-anak, sehingga mereka dapat mengidentifikasi dan merefleksikan pengalaman sehari-hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ekspositori dengan media buku cerita bergambar di TK Tarbiyatul Athfal 02 baik dan efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini. Anak-anak menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran, mampu memahami kosa kata baru, serta menunjukan pemahaman yang baik tentang konsep- konsep yang disampaikan melalui cerita dan gambar-gambar dengan banyak bertanya. Metode ini juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa, kepercayaan diri, dan pemikiran kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Ekspositori; Cerita bergambar; Kemampuan bahasa; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:16
Last Modified: 29 Jul 2024 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22921

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics