Penggunaan media bahan alam untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Dharma Wanita Desa Kelurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang

Sumadyo, Lulu Innafisah Dhea (2023) Penggunaan media bahan alam untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Dharma Wanita Desa Kelurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106067_Lulu_Innafisah_Dhea_Sumadyo] Text (Skripsi_1903106067_Lulu_Innafisah_Dhea_Sumadyo)
Skripsi_1903106067_Lulu_Innafisah_Dhea_Sumadyo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana penggunaan media bahan alam untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Kelurahan Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan akan pentingnya pengembangan keterampilan motorik halus pada anak usia dini yang salah satunya melalui kegiatan pembelajaran dengan media bahan alam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana penggunaan media bahan alam untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Kelurahan.
Permasalahan dibahas melalui studi lapangan kualitatif dengan sumber data dari kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik di TK Dharma Wanita Desa Kelurahan untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan media bahan alam untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif yang merupakan metode analisis data berupa kata atau kalimat dan gambar.
Hasil penelitian ini diperoleh dengan cara menggabungkan antara latihan motorik halus dengan media bahan alam. Penggabungan keterampilan motorik halus tersebut meliputi empat hal pokok yaitu: 1) Menyentuh dan menggenggam dilatih dengan kegiatan bermain pasir pantai. 2) Menumbuk dilatih melalui aktifitas menumbuk daun dengan balok. 3) Mencetak dilatih dengan kegiatan mencetak pasir pantai. 4) Mengelem dan menyusun dilatih melalui kegiatan kolase dengan media bahan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Keterampilan motorik halus; Media bahan alam; Anak usia dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:26
Last Modified: 29 Jul 2024 09:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22928

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics