Pengaruh penerapan metode mendongeng terhadap karakter percaya diri dan tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Al-Ikhlas Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat

Janah, Miratul (2023) Pengaruh penerapan metode mendongeng terhadap karakter percaya diri dan tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Al-Ikhlas Doridungga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096007_Miratul_Janah] Text (Skripsi_1903096007_Miratul_Janah)
Skripsi_1903096007_Miratul_Janah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa dalam penerimaan mata pembelajaran.Metode mendongeng adalah salah-satu media yang dapat menyampaikan berbagai pesan dan informasi. Melalui dongeng, pesan dan informasi tersebut dikemas secara menarik, dalam kemasan tokoh-tokoh dan latar cerita sehingga akan lebih mudah diserap dan dicerna anak-anak, dengan tujuan untuk membentuk keberanian siswa dalam percaya diri dan tanggung jawab siswa dalam kelas. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan seberapa besar pengaruh penerapan metode mendongeng pada pembentukan karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Al-Ikhlas Doridungga Tahun ajaran 2022/ 2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif,dengan kelas eksperimen dengan uji pretes dan posttest.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 3 MI Al-Ikhlas Doridungga, yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelas eksperimen.Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis uji t. Rata -rata nilai karakter percaya diri dan tanggung jawab kelas ekseperimen dengan penerapan metode mendongeng menghasilkan nilai rata-rata pretest sebesar 67,5000 sedangkan nilai post-test adalah 84,4833, maka penerapan metode mendongeng berpengaruh terhadap pembentukan karakter percaya diri dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MI Al-Ikhlas Doridungga tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Mendongeng; Percaya diri; Tanggung jawab; Peserta didik; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:38
Last Modified: 29 Jul 2024 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics