Pengaruh penerapan metode Think Pair Share (TPS) berbantu media flashcard terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III MI Al-Ikhlas Doridungga

Puspitasari, Indah (2023) Pengaruh penerapan metode Think Pair Share (TPS) berbantu media flashcard terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III MI Al-Ikhlas Doridungga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096008_Indah_Puspitasari] Text (Skripsi_1903096008_Indah_Puspitasari)
Skripsi_1903096008_Indah_Puspitasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MI Al- Ikhlas Doridungga. Kajiannya dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan di kelas tidak bervariasi, sehingga keterampilan berbicara siswa masih sangat rendah, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Metode Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard berpengaruh pada keterampilan berbicara pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kela III MI Al-Ikhls Doridungga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pre-eksperimental tipe one group pretest-prosttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terrdapat pengaruh penerapan Think Pair Shar (TPS) Berbantu Media Flashcard terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MI Al- Ikhlas Doridungga. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretest sebelum diberikan perlakuan sebesar 52,5 dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 88,75. Perbedaan ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis dengan uji korelasi biserial dan diperoleh hasil signifikan 0,003. Karena 0,003<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan metode Think Pair Share (TPS) berbantu media flashcard dengan koefisen determinasi atau besaran pengaruh sebesar 60,37% dan selebihnya dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Think Pair Shere (TPS); Flashcard; Keterampilan berbicara; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:39
Last Modified: 29 Jul 2024 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics