Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV MI NU 56 Krajankulon

Handayani, Triyani (2023) Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV MI NU 56 Krajankulon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096011_Triyani_Handayani] Text (Skripsi_1903096011_Triyani_Handayani)
Skripsi_1903096011_Triyani_Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru harus kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh monotonnya metode mengajar yang digunakan oleh Guru sehingga siswa sulit memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV MI NU 56 Krajankulon. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan Guru yaitu metode bernyanyi, dengan bernyanyi siswa dapat dengan mudah mengingat dan memahami materi pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen control group design pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dalam penerapan metode bernayanyi dengan perhitungan uji-t (independent sample t-test) diperoleh thitung sebesar 9.711 dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 2,0017. Karena thitung > ttabel maka H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa menggunakan metode bernyanyi meningkat. Selaras dengan pengujian korelasi pearson product moment sebesar 0,009 < 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak dengan koefisien determinasi sebesar 0,466 yang artinya penggunaan metode bernyanyi memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa daripada dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bernyanyi; Kemampuan kognitif; Keliling dan luas; Bangun datar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:41
Last Modified: 29 Jul 2024 09:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics